Golongan Darah O Menikah Dengan Golongan Darah AB

Pertanyaan di kutip dari klikdokter.com

 "Dokter, saya golongan darah O menikah dengan laki-laki golongan darah AB, apakah saya akan susah hamil (mendapat keturunan) dan mengalami inkompatibilitas ABO? Apabila terjadi inkompatibilitas ABO, apakah bayi masih tetap dapat selamat dan lahir normal? terimakasih"


Berikut Jawabannya :
Untuk mendapatka keturunan yang terpenting adalah terjadi pertemuan antara sel sperma yang baik dengan sel telur wanita yang baik pula. Jika yang Anda khawatirkan adalah terjadinya gangguan inkompatibilitas darah pada Anak Anda nanti, Kami akan menjelaskan sedikit mengenai golongan darah dan rhesus.

Golongan darah adalah ciri khusus darah  dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh).
Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:
  • Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya
  • Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya
  • Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B
  • Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B
Tabel pewarisan golongan darah kepada anak dapat anda lihat di bawah ini :

bu/Ayah O A B AB
O O O, A O, B A, B
A O, A O, A O, A, B, AB A, B, AB
B O, B O, A, B, AB O, B A, B, AB
AB A, B A, B, AB A, B, AB A, B, AB

Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi  A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada saat Anda hamil terdapat peluang terjadinya reaksi pada calon bayi Anda karena reaksi imun (pertahanan tubuh) terhadap golongan darah yang lain. Itulah sebabnya seseorang dengan golongan darah O misalnya tidak dapat di transfusi golongan darah yang berbeda.
Anda tidak perlu khwatir, saat ini dunia kedokteran begitu canggih dan maju. Oleh karena itu selama Anda rajin berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan selama Anda hamil, dan pada saat bersalin Anda ditangani oleh dokter yang kompeten maka resiko resiko tersebut dapat ditangani, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa Anda untuk mendatkan jawaban atau informasi yang lebih lengkap.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
dr. Suci Dwi Putri (klikdokter)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment